Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Pada artikel kali ini kami akan mengajak anda untuk membahas tentang khasiat dan manfaat dari buah Naga yang baik untuk kesehatan. Buah yang bentuknya khas ini cocok untuk dikonsumsi oleh semua kalangan usia, berbagai nutrisi dari buah ini bagus untuk kesehatan bayi, balita,anak-anak, orang dewasa dan lansia.
Buah naga adalah buah yang aslinya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan bernama Pitaya. Sedangkan nama naga atau “dragon” sendiri diambil dari kepercayaan orang Vietnam yang menganggap bahwa buah ini sangat diberkahi dan mereka selalu meletakkan buah ini diantara dua patung naga.
Buah naga kaya akan nutrisi, selain kaya vitamin, buah ini juga kaya lemak tak jenuh yang penting untuk tubuh (bukan lemak jenuh yang justru harus dihindari). Serat yang ada pada buah ini memiliki manfaat bagus untuk pencernaan dan mengatur kadar gula darah. Sedangkan pada bagian bijinya yang berwarna hitam mengandung asam lemak esensial dalam jumlah banyak. Zat-zat inilah yang membuat buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari, sama seperti buah apel.

Kandungan dan Manfaat Buah Naga 

Dalam 100 g buah naga, mengandung :
  • Air, 87 g, NA, Sangat kaya akan air
  • Protein, 1.1 g, 2.1 %,
  • Lemak, 0.4 g, NA,Praktis tidak ada lemak
  • Karbohidrat, 11.0 g, 3.4 %,
  • Serat, 3 g, 12 %,Sumber serat yang cukup tinggi
  • Vitamin B1 (Thiamine), 0.04 mg, 2.7 % ,
  • Vitamin B2 (Riboflavin), 0.05 mg, 2.9 %,
  • Vitamin B3 (Niacin), 0.16 mg, 0.8 %,
  • Vitamin C (Ascorbic Acid), 20.5 mg,34.2 %, Mengandung 3x lebih banyak dari wortel
  • Kalsium (Ca), 8.5 mg, 0.9 %,
  • Besi (Fe), 1.9 mg, 10.6 %,Sumber besi yang cukup baik
Sumber Vitamin C
Buah naga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah naga yang dikeringkan terbukti mengandung 10 kali lebih banyak vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

Sumber Vitamin B1 (tiamin)
Vitamin lain dalam buah naga adalah Vitamin B1 atau tiamin. Fungsinya untuk memproses karbohidrat degnan cepat dan menghasilkan energi bagi tubuh.

Sumber Vitamin B3 (niacin)
Buah naga ampuh menurunkan kolesterol karena kandungan vitamin B3 atau niasin di dalamnya. Vitamin ini juga mampu membuat kulit terlihat halus dan bercahaya secara alami dari dalam.

Sumber Vitamin B12
Kandungan vitamin B12 membuat buah ini menjadi perangsang nafsu makan yang baik. Terutama bagi orang-orang yang sedang dalam masa penyembuhan, buah naga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Kaya Serat
Buah naga mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga berkhasiat untuk mengatasi beberapa masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.

Kaya Mineral
Mineral yang terkandung dalam buah naga adalah fosfor dan kalsium. Keduanya memiliki peran dalam pembentukan tulang, gigi, dan perkembangan sel.

Kandungan Antioksidan
Buah naga merupakan sumber antioksidan yang baik untuk mencegah dari serangan radikal bebas yang menyebabkan kanker dan masalah kesehatan lainnya.

Kandungan Protein
Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk hormon, enzim, dan senyawa lain. Jagalah kadar protein dalam tubuh dengan mengonsumsi secara teratur buah ini.

Rendah lemak
Terdapat banyak biji-biji kecil dalam buah naga. Rupanya, biji ini merupakan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan karena menurunkan kolesterol baik dan menghilangkan kolesterol jahat.

Mengontrol gula darah
Bagi penderita diabetes tipe 2, buah ini paling baik dikonsumsi untuk mengontrol gula darah agar tetap seimbang.

Menurunkan tekanan darah
Konsumsi buah naga mampu mengembalikan tingkat hipertensi seseorang menjadi normal. Berita bagus nih untuk mereka yang berisiko terkena serangan jantung dan stroke.

Menetralkan racun
Racun dalam tubuh seperti merkuri, arsen, dan lain-lain, membahayakan kesehatan. Namun, semua racun dalam tersebut dapat dinetralkan dengan rajin mengonsumsi buah naga.

Kesehatan mata
Buah naga mengandung karoten yang membantu menjaga kesehatan mata dan memperbaiki penglihatan. Inilah kabar baik buat mereka yang tidak menyukai makan wortel.

Menurunkan berat badan
Sedang diet? Coba masukkan buah naga sebagai camilan sehari-hari. Selama beberapa bulan berikutnya, Anda akan melihat badan Anda terlihat ramping dan idel. Mengkonsumsi buah naga dianjurkan untuk menurunkan berat badan anda.

Mengobati asma
Batuk dan asma, beberapa gangguan pernapasan yang sering menyerang anak-anak dan orang dewasa. Ringankan gejalanya dengan rajin mengonsumsi buah naga.

Nah, itulah kandungan nutrisi pada buah naga serta beberapa manfaatnya bagi kesehatan. Sedikit tips bagi anda yang ingin membeli buah naga untuk dikonsumsi, pilihlah buah naga yang sudah benar-benar matang. Cirinya bila ditekan terasa empuk dan warna pinknya bagus serta kulit buahnya mulus. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketahui Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ketahui Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan dan Kecantikan